Rabu, 20 April 2016

Mencairkan Jamsostek aka BPJS Ketenagakerjaan... (part 2)

Part ini mo bahas pencairan BPJSTK via e-klaim. Setelah ngeliat antrian yang agak menyeramkan dan tidak aman untuk ibu hamil seperti saya, maka saya mencari alternatif lain untuk mencairkan saldo BPJSTK. Mulai dari minta tolong biro jasa (ini ga bisa ya..), minta tolong gojek (ga mungkin..), sampai minta tolong suami (eh tapi kesian... jadi cuti kerja). Akhirnya setelah search sana sini, maka ketemulah dengan sistem e-klaim ini. Surat disnaker sudah ditangan berarti tinggal registrasi online, scan semua dokumen, dan upload data.

Ternyata upload data via e-klaim ini ga segampang yang saya bayangkan. Ada aja kendalanya, silahkan dibaca:
1. setiap dokumen yang diupload ga boleh lebih besar dari 100kb, klo ada dokumen berwarna kan otomatis byte nya lebih besar jadi harus di resize dulu sampai kurleb 100kb lah.
2. udah upload data semua, pas mo disimpan ternyata data gagal disimpan. yang ini sih bisa terjadi berkali2 dan bikin emosi. uploadnya klo ga pagi banget, ya malem banget. Mungkin pas jaringan sistemnya ga sibuk kali yah.
3. berhasil disimpan, sudah di email sama BPJSTK klo data berhasil direkam dan tinggal menunggu konfirmasi dari cabang, eeehhh.. ada email lagi dari e-klaim klo data yang kita upload tidak sesuai (misal: nama ibu kandung tidak seusai antara KK dan sistem, tanggal lahir tidak sesuai dengan KK dan KTP,...). Nah loh, bingung kan kenapa data yang kita punya bisa tidak sesuai dengan sistem mereka. Ini sih yang salah bukan kitanya tapi HRD kantor yang mungkin waktu input data melakukan kesalahan atau tidak lengkap karena data yang diinput kolektif. 

Untuk kasus yang no.3 diatas, saya akhirnya menelpon call center BPJSTK untuk mencari solusi. Karena solusi yang saya dapat dari searching di google adalah datang ke kantor cabang BPJSTK, minta surat untuk memperbaiki data yang ditujukan ke HRD kantor lama kita, surat diberikan ke HRD dan tinggal tunggu HRD nya yang ke BPJSTK untuk melakukan perbaikan data. Tapiii saya sih males deh urusan sama HRD lagi, terakhir pas ngurus surat disnaker aja rempong dan tidak membuahkan hasil sampai akhirnya harus jalan sendiri ke disnaker. Apalagi minta tolong untuk perbaikan data, ini sih malah bisa ga diurusin, ya secara sudah bukan karyawan kan jadi ya ga gtu penting. Makanya pas solusi dari call centernya adalah dengan saya datang sendiri ke BPJSTK tempat kartu saya didaftarkan oleh kantor dan membawa KTP serta KK asli untuk diperbaiki datanya, sayaaa sihhh senang sekali.

Supaya masalahnya cepat selesai, maka pergilah saya ke BPJSTK cabang slipi. Wuihh.. antriannya lebih manusiawi, jelas, dan adem. Saya langsung tanya ke securitynya buat no. antrian perbaikan data dimana. Dan langsung ditunjukkan, jadi saya tinggal minta ke cs nya dan nunggu. Nunggunya pun ga lama loh, cuma beberapa menit langsung dipanggil dan dibantu perbaikan datanya dengan menunjukkan KTP dan KK asli. Saya kan punya 2 kartu dari 2 kantor yang berbeda dan kemarin pas upload ternyata kedua kartu saya datanya salah, jadi maksud hati mau benerin keduanya gtu biar sekalian beres. Ternyata oh ternyata, perbaikan data kartu harus datang ke cabang BPJSTK tempat dimana kartu itu didaftarkan oleh kantor. Oalahhh... rempongnya tetap donk. Jadi kartu saya yang satunya cuma dicek doank dan dikasi tau klo datanya bukan salah tapi tidak diisi lengkap dan saya harus datang ke cabang BPJSTK di gambir donk. Akhirnya saya pergi ke cabang BPJSTK gambir dan melakukan prosedur yang sama. Posisi cabang yang satu ini agak ga jelas jadi sebaiknya nanya ke tukang parkir atau security daripada nyasar. Prosesnya sama, tempatnya enak dan manusiawi. Selesai sudah perbaikan data saya berarti tinggal lanjut upload data ulang donk.

Oh iya.. sambil nunggu di kantor BPJSTK cabang gambir, saya iseng nanya ke securitynya tentang antrian. Ternyata antrian lebih manusiawi karena, mereka hanya membuka pengambilan no. antrian per hari (tidak ada sistem booking) dari pagi sampai kuota antrian habis. Jadi klo mo dapet no. antrian harus datang dari pagi, klo kesiangan dan udah habis ya harus datang lagi besok paginya. Ya pantes sih ga rusuh. Tapi pelayanan mereka per orangnya juga lumayan cepat sih jadi antrian tidak begitu menumpuk. Dan saya juga melihat no antrian yang berbeda antara yang e-klaim dan non e-klaim. Yang e-klaim hanya sekitar 18 nomer (hampir sama dengan yang di cabang slipi) dan itupun sudah beres terlayani semua. Berarti kesempatan saya untuk daftar via e-klaim masih cukup besar untuk cepat dilayani. Mungkin karena banyak yang belum paham cara menggunakannya atau keburu emosi karena upload data yang gagal melulu.

Okeee.. kita upload ulang semua dokumennya. Berhasil upload, berhasil save, dan udah di email juga klo data berhasil direkam, berarti tinggal tunggu email konfirmasi dari e-klaim perihal kapan harus datang ke cabang BPJSTK (yang dipilih) untuk verifikasi data. Oiya, karena saya upload datanya pagi berarti paling telat saya akan menerima emailnya besok malam jam 19.00.

Tunggu punya tunggu, emailnya ga kunjung datang donk setelah 2 minggu menunggu (ga kaget lah, udah biasa diginiin.. T_T). Terus saya harus ngapain donk? Udah bolak balik kantor BPJSTK, telpon call center (yang lama bener diangkatnya,bisalah sambil tiduran), upload data berkali2. Hayati lelah bang... T_T Googling dan menemukan kasus yang sama dan belum ada solusinya. Coba telpon kantor cabang  dan ga diangkat tapi malah dimatiin, telpon call center dan ga diangkat juga, masa iya harus datang lagi ke kantor cabang BPJSTK? Ya ampun mengambil hak sendiri aja segini susah ternyata.

Akhirnya saya datang lagi ke kantor cabang BPJSTK BSD bawa dokumen lengkap. Tapi loh kok sepi bingitsss kantornya. Tanya ke security langsung dan dijelaskanlah klo sekarang claim BPJSTK tidak ke kantor BPJSTK tapi langsung ke bank2 yang bekerjasama dengan cabang tersebut. BPJSTK BSD ini kerjasama dengan 2 bank (BNI dan BRI) cabang tertentu saja. Ada list alamatnya ko, tinggal foto dan pilih yang terdekat dengan area kita aja. Saran dari securitynya, karena udah siang pas saya datang jadi mending klo mau ke bank nya hari ini untuk survey dan tanya2 dulu aja, takutnya udah rame yang antri. Kebetulan pas pak securitynya cek dokumen saya udah lengkap, jadi klo pas hoki bank nya lagi sepi kan tinggal langsung dilayani --> begitu katanya sih (yah semoga deh..).

Jadi perjalanan saya selanjutnya adalah mencoba via Bank, ini di part 3 aja yak soalnya per hari ini masih proses dan belum cair.

*update*

Sempat coba bikin laporan juga di website LAPOR! mengenai eklaim yang tidak kunjung memberikan kepastian, tapi ga berharap banyak bakal ditanggapi sih. Dan benar aja setelah 10 hari kerja baru deh dapet tanggapan mengenai eklaim ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar