Kamis, 28 April 2016

Mencairkan Jamsostek aka BPJS Ketenagakerjaan... (part 3.1)

Di part 3 ini saya akan cerita proses pencairan BPJSTK saya via Bank. Loh ko bisa via Bank? Nah itu juga saya baru tau pas datang ke kacab di serpong kemarin. Kata securitynya, ini untuk mengurangi antrian di kacab sehingga antrian yang sebelumnya bisa diproses lebih cepat, untuk pendaftar baru, dan hal ini sudah berjalan sekitar 2 bulan.

Jadi setelah dari kacab serpong, saya langsung meluncur ke salah satu bank rekanan yaitu BRI cabang Alam Sutra. Kebetulan sih memang pengen buka rekening BRI juga buat bisnis. Saya pikir posisi Bank BRI ini ada di deretan Bank BCA yang dekat flavor bliss ternyata masih jauh ya teman2, tepatnya di ruko dekat toko susuku. Klo dari lampu merah jalan utama sih lurus aja, ada di sebelah kanan agak nyempil dan ga sampai puter balik ko.

Sampai di Bank BRI nya sebelum turun mobil saya sempat doa dulu (hihihi... lebay yak X_X). Doa semoga antrianya ga panjang jadi bisa langsung dilayanin dan ga perlu bolak balik. Secara udah hamil masuk bulan ke 8 kan yaaa udah berat perutnya. Pas masuk bank langsung ditanya sama security keperluannya dan langsung aja saya bilang mau cairin jamsostek. Dan kayanya doa saya didenger sama Tuhan, banknya sumpah sepi banget. Cuma ada satu orang yang lagi dilayani oleh mba CS nya dan ga ada yang antri lagi. Sebenernya sih antara kagum sama bingung yaa. Masa iya jam makan siang gini ga ada yang ke bank, apa karena posisi bank nya yang nyempil dan agak jauh dari jalan utama dan jarang pula dilalui angkot makanya ga ada yang mau kesini? (ahh entahlah..) Saya beryukur aja jadi bisa langsung dilayani.

Security menanyakan berkas2 saya asli dan fotocopynya. Karena saya punya 2 kartu jamsostek maka berkas fotocopy harus dibagi 2 sesuai kartu masing2. Ternyata pas dicek, kata securitynya berkas saya yang asli sudah lengkap tapi yang fotocopy masih kurang 1 lbr yaitu KK. Terus bapaknya nawarin untuk fotocopy di CS aja tapi ternyata fotocopynya rusak. Jadi kata bapaknya, saya hari ini daftar dulu aja untuk ambil no antrian. Dalam 1 hari, bank ini hanya melayani 5 orang peserta yang ingin mencairkan dana jamsostek karena CS nya cuma satu dan harus berbagi dengan customer non jamsostek. Oalah, pantes sepi dan ga ngantri. Dan pas saya daftar pun, saya kebagian no antrian hari Jumat no.3 (fyi saya datang hari rabu). Saya kira bakal dapat no. antrian beberapa bulan kemudian seperti di kacab jamsosteknya. Tapi tetap saya masihg bertanya2 kenapa tidak ada antrian, kenapa tidak banyak orang yang kaya saya datang untuk sekedar bertanya, dan kenapa daftar antriannya pun sepiiii (mungkin klo proses sudah selesai, saya mo kepoin CS nya lah). Oiya, saya dipesanin sama security untuk jangan lupa fotocopy dokumen yang kurang, bawa materai lagi, berkas2nya di bagi ke 2 amplop yang berbeda, dan form pembukaan rekening baru nya diisi. Jadi pas dateng hari jumat, berkas sudah lengkap. FYI aja nih untuk proses pencairan di bank, peserta wajib buka rekening sesuai dengan bank cabang yang dipilih. Jadi misal sudah punya rekening di bank BNI cabang pamulang, tapi ngurus pencairannya di bank bni cabang alam sutra, maka peserta tetap harus buka rekening lagi di bank BNI cabang alam sutra. Ga boleh pake rekening tabungan lain ataupun dari cabang lain (ribet??! ya pastilah.. haha).

Hari Jumat saya datang lagi ke bank BRI cabang Alam Sutra dan kali ini saya sudah persiapan semua dokumen lengkap dan ga lupa doa sebelum masuk banknya (semoga lancar... Amin). Security yang sama langsung menyuruh saya menunggu untuk dipanggil oleh CS (kayanya itu security inget jadi dokumennya ga dicek lagi) dan lagi2 hanya ada 1 antrian. Saya ga liat antrian peserta jamsostek lainnya atau mungkin mereka udah selesai dilayani, tapi ini baru jam 9 pagi dan bank baru buka jam 8 pagi masa iya sudah beres (Hmm..).

Ga lama kemudian saya dipanggil sama CS nya, berkas saya diperiksa, kemudian proses buka rekening. Nah pas lagi masukin data, tiba2 terjadi perckapan seperti berikut:
Saya (S), Mba CS (CS)

CS: bu, ini nama ibu Rxxx Wxxx Axxx, Rxxx sama Wxxx nya di spasi atau digabung?
S: di spasi semua mba sesuai e-ktp saya.
CS: tapi ko nama ibu di data kemendagri Rxxx sama Wxxx nya di gabung?
S: loh ko bisa ya mba? kemarin memang KTP saya sempat salah bikin di kelurahannya tapi udah di revisi. Sekarang KTP dan KK udah sama kan? trus ktp saya kan udah e-ktp berlaku seumur hidup pula dan setau saya klo e-ktp itu udah online loh. Masa iya ga update?
CS: hemm.. saya kurang tau juga ya bu. Soalnya klo data di kemendagri beda sama ktp, kita ga bisa bukain rekening baru buat ibu. Karena nama yang akan dicetak di buku tabungan berdasarkan data dari kemendagri. Dan klo namanya beda, takutnya ntar kedepannya jadi ada masalah pas ibu mau bertransaksi.
S: trus saya harus gimana donk? harus ke kemendagri?
CS: ngga usah, ibu ke kelurahan aja, nanti saya kasi print out data ibu yang di kemendagri sebagai bukti. Nanti di kelurahan, ibu minta datanya diupdate.
S: prosesnya berapa lama tuh mba?
CS: saya kurang tau juga bu, nanti klo sudah update ibu dateng lagi kesini tapi ga usah antri. Saya kasih note di antriannya biar ibu bisa diprioritaskan.
S: oh gtu ya. Oke deh. Makasih ya mba.

Tujuan saya selanjutnya adalah kelurahan dekat rumah saya. Tapi sebenarnya sih saya masih bingung, kenapa buka rekening aja harus based on data di kemendagri. Biasanya hanya bermodalkan KTP dan NPWP saja, saya sudah bisa buka rekening di bank. Itu bank swasta sih, apa iya prosedur di bank pemerintah memang seperti ini? Sampai di kelurahan, saya kebetulan ketemu petugas yang mengurus pembuatan KTP dan KK saya waktu itu. Dia bilang, KTP dan KK itu datanya diambil dari kemendagri jadi kalau data di kemendagri ga update, mana bisa saya revisi KTP ibu kemarin. Mungkin database di bank nya yang belum di refresh atau update jadi data yang masuk masih data lama. E-ktp sudah update data maksimal 2 minggu setelah e-ktp jadi dan ktp saya ini sudah sebulan lebih ada di saya. Diantara kebingungan saya, suami nelpon nanya progress yang saya lakukan hari ini. Setelah saya ceritakan, dia sih ga kaget klo dipersulit. Jadi dia saranin untuk datang ke bank BNI cabang alam sutra setelah makan siang trus bilang mau buka rekening, jangan bilang mau ngurus jamsostek. Dan liat apakah prosedurnya sama kaya di bank BRI atau tidak.

Meluncurlah saya ke bank BNI dan wouw antriannya banyak bangetss. Saya dapat no. antrian 58 dan yang sedang dilayani baru no. antrian 35. Kayanya sih bakalan lama nih. Pas giliran saya, saya langsung bilang klo mau buka rekening baru dan CS lalu minta ktp dan npwp saya. Ga lama kemudian, rekening saya jadi dan saya ditawarin untuk buat internet banking atau mobile banking. saya sih lebih prefer internet banking, lalu dibilang harus bayar 10ribu untuk tokennya. Tapi tiba2 mba CS nya nanya gini "mmang ibu mau transaksi milyaran?", lalu saya jawab aja pertanyaan aneh itu dengan agak kaget dan spontan "yaa klo ada sih ga bakalan transaksi pake bank ini juga sih mba", lalu mba CS nya bilang " klo gtu pake mobile banking aja bu". Ah sudahlah malas debat, di iya in aja biar cepat. Sudah 3 jam disini dan saya sudah lelah. Semua rekening tabungan saya pasti ada fasilitas internet bankingnya biar lebih mudah dan ga pernah tuh saya ditanya seperti itu tiap kali saya request. Lagi2 saya pikir, mungkin begitu pelayanan di bank pemerintah. Jauh sekali bedanya dengan bank swasta (maap klo ada yang tersinggung tapi ini bukan khayalan tapi real terjadi). Dan saya juga tidak ditanya "ada lagi yang bisa kami bantu?", jadi saya insiatif aja nanya tentang pencairan BPJS. Lalu mba nya bilang bisa dan untuk lebih jelasnya bisa tanya ke security. Ini yang antri juyg banyak yang ngurus BPJS ko bu. Weleh di over lagi ke security donk. Setelah dapat info tentang dokumen dan no antrian yang ternyata udah bisa diambil dari jam 6 pagi dan per harinya bisa ngurusin 70-100 orang peserta, saya akhirnya pulang dan niatnya selasa depan saya mo antri lagi.

Oiya dan ternyata buka rekening di bank BNI ga perlu ngeliat data dari kemendagri, cukup based on KTP dan NPWP saja. Jadi terjawab sudah kebingungan saya tentang antrian di bank BRI yang sepi itu dan saya rasa kalian pun sudah tau alasanny dari cerita saya diatas. Kenapa di BRI tidak ada yang antri sedangkan di BNI membludak sekali yang antri, padahal posisi mereka saling berdekatan.

Sambung ke part selanjutnya ya dan semoga menjadi part akhir proses pencairan ini....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar