Kamis, 28 April 2016

Mencairkan Jamsostek aka BPJS Ketenagakerjaan... (part 3.2)

Hari selasa, 26 april 2016. Saya datang kembali ke bank BNI dan kali ini untuk proses pencairan jamsostek. Setelah dapat no antrian, saya langsung disuruh naik ke lantai 2 dan sebelum masuk ruangan, semua dokumen diperiksa kembali oleh security dan jika sudah lengkap maka bisa langsung masuk ke dalam. Lalu saya disuruh menunggu di dalam ruangan, nantinya semua peserta yang belum mengumpulkan dokumen akan dipanggil dan dokumen akan diurutkan sesuai no. antrian. Petugas yang mengurusi hanya ada 2 orang tapi prosesnya cukup cepat juga.

Pas nama saya dipanggil, saya langsung bilang "Alhamdulillah diproses" dalam hati sih. Terus data saya di verifikasi dan ditanya2 tanggal lahir, nama ibu, dan terakhir bekerja di perusahaan pertama which is yang baru diperiksa baru 1 kartu. Kemudian pas kartu kedua diperiksa, ternyata ada sedikit masalah yaitu kartu saya sudah terdaftar eklaim dan mereka tidak bisa akses datanya. Jadi kartu tersebut hanya bisa di proses di kacab dimana eklaim didaftarkan. Lalu mereka memberikan selembar note yang di cap dan ditandatangani petugas BNI yang ditujukan ke petugas kacab serpong agar kartu saya bisa diproses hari ini. Dan untuk kartu yang pertama sudah selesai prosesnya jadi tinggal menunggu pencairan dana kurleb 10 hari kerja (ternyata lebih lama pencairannya daripada di kantor jamsosteknya). Saya diberikan tanda bukti yang di cap dan ditanda tangan petugas bahwa no KPJ kartu pertama sudah selesai prosesnya.

Lalu saya langsung meluncur ke kacab BPJSTK serpong untuk proses kartu kedua. Setelah saya jelaskan ke security, kemudian mereka cek kelengkapan semua dokumen asli dan fc lalu dokumen ditaruh di meja petugas dan saya disuruh tunggu didalam untuk dipanggil. Tidak lama kemudian nama saya dipanggil dan di verifikasi data2nya lalu petugas bilang proses sudah selesai tinggal menunggu pencairan dana ke rekening yang dituju kurleb 7 hari kerja (see... beda kan masa pencairannya). Dan jika dana belum juga masuk, silahkan menghubungi no yang tertera di tanda bukti yang diberikan petugas untuk konfirmasi. Oiya, kalau mengurus di kantor BPJSTK nya boleh pake rekening tabungan apa aja ya, beda kalo ngurusnya di bank rekanan.

Update per hari ini Kamis, 28 April 2016. Dana saya dari kartu kedua yang proses pencairannya di kacab serpong sudah mengalir dengan sempurna di rekening saya (cuma 2 hari kerja sudah cair). Tinggal menunggu dana dari kartu pertama yang semoga tidak lama lagi juga udah bisa mengalir (aminnn...).

Sekian perjuangan saya dalam mencairkan dana JHT saya yang udah saya coba dari Oktober 2015 dan akhirnya selesai juga di April 2016 ini. (Thanks God). Selamat memperjuangkan hak teman2...

*update*

Per tanggal 3 May 2016 sekitar jam 3 sore, dana BPJSTK yang proses pencairannya melalui bank BNI sudah cair (6 hari kerja). Malam sebelumnya sempat cek saldo di website dan ternyata saldo saya sudah nol, artinya dana sudah siap di transfer ke rekening saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar